8 Februari 2018

ADA WARNA DI POSYANDU MELATI



Setiap tanggal 06 di Balai Dusun Sidorukun Desa Gucialit rutin melakukan kegiatan Posyandu. Pada posyandu bulan ini tepatnya hari Selasa tanggal 06 Pebruari 2018 sedikit berbeda dengan posyandu bulan-bulan sebelumnya. Bulan ini ada banyak warna di kegiatan ini. Mulai dari kader yang berseragam warna merah, banyak balon warna kuning, dan warna baju balita yang semua ngejreng. Ada apa ini? Ha..haa..haa 😁😁😁 tenang-tenang. Setelah dilakukan pengusutan,usut punya usut ternyata bulan ini adalah salah satu bulan “Timbang”. Yap,,,seperti yang telah kita ketahui Penimbangan merupakan salah satu kegiatan utama program perbaikan gizi yang menitik beratkan pada pencegahan dan peningkatan keadaan gizi anak.

Penimbangan terhadap bayi dan balita merupakan upaya masyarakat memantau pertumbuhan dan perkembangannya. Partisipasi masyarakat dalam penimbangan tersebut digambarkan dalam perbandingan jumlah balita yang ditimbang (D) dengan jumlah balita seluruhnya (S).

Semakin tinggi partisipasi masyarakat dalam penimbangan, maka semakin banyak pula data yang dapat menggambarkan status gizi balita. Pada bulan timbang selain kegiatan rutin yang biasa dilakukan, seperti penimbangan berat badan (BB), pengukuran tinggo badan (TB) dan dan pemberian imunisasi dasar lengkap. Semua balita wajib dan harus diberi vitamin A. Jadi, untuk menarik minat balita yang unyu-unyu itu, maka para kader punya ide kreatif untuk membeli balon yang nantinya akan dibagikan pada balita yang sudah selesai diberi vitamin A.(Ike Susiowati, KIM Blanggreng)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes